Detail Cantuman Kembali
TESIS:Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai
Masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 2 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Adapun submasalah yang dikaji adalah:
(1) Bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran cooperative learning pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sinjai Utara Kabupaten
Sinjai, (2) Bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan model
pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 2 Sinjai Utara, dan (3) Bagaimana solusi mengatasi hambatan penerapan
model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 2 Sinjai Utara.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah: Pedagogis, psikologis, dan filosofis. Teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian diolah berdasarkan
dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah penerapan model
pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 2 Sinjai Utara telah dilakukan semenjak dimulainya penerapan KBK
2004 berdasarkan karakteristik Pendidikan Agama Islam, tetapi akomodasi
menyeluruh terhadap metode dan prinsip-prinsip pembelajaran cooperative learning
belum maksimal. Hambatan-hambatan penerapan model pembelajaran cooperative
learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sinjai Utara
adalah sebagai berikut: (a) Alokasi waktu Pendidikan Agama Islam sangat terbatas,
hanya satu kali pertemuan dalam seminggu dengan waktu 2 x 40 menit, (b)
Kurangnya literatur sebagai pegangan dan bahan bacaan penambah wawasan
pengetahuan guru dan peserta didik tentang cooperative learning, (c) Kurangnya
sarana penunjang keberhasilan proses pembelajaran Pendidkan Agama Islam, (d)
Kurangnya kesadaran peserta didik terhadap pentingnya manfaat materi yang
diajarkan (e) Kesadaran guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam untuk
memahami makna, konsep dan cara menerapkan model pembelajaran cooperative
learning dalam proses pembelajaran di kelas. solusi yang dilakukan guru Pendidikan
Agama Islam dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sinjai Utara adalah: (a) Alokasi
waktu yang sangat terbatas diatasi dengan cara: menggunakan metode penugasan.iv
Upaya lainnya adalah menjadikan baca tulis Al-Qur’an sebagai salah satu materi
yang diajarkan dalam pengembangan diri, (b) Memperbanyak kegiatan
ekstrakurikuler berupa praktek ibadah yang mana pengawasannya dilakukan dengan
bekerjasama dengan guru lain serta orang tua peserta didik, (c) Mengusulkan
pengadaan sarana penunjang keberhasilan pembelajaran,(d) Mendorong peserta didik
untuk memahami pentingnya materi ajar yang diberikan, (e) Guru Pendidikan Agama
Islam meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang cooperative learning
dengan berbagai cara, antara lain: memperbanyak membaca buku-buku literatur yang
berhubungan dengan cooperative learning, terutama penerapannya dalam
pembelajaran, mengikuti berbagai kegiatan seminar dan diklat tentang pembelajaran.
Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk
pengembangan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan dan bermakna
bagi peserta didik, terutama: (1) Sebagai sebuah informasi pengembangan strategi
pembelajaran dan menjadi bahan kajian terhadap aplikasi pembelajaran pendidikan
agama Islam, (2) Sebagai sarana informasi bagi kalangan akademisi dan praktisi
pendidikan terhadap pengembangan rancangan, metode, serta desain kelas, 3)
Sebagai wahana studi dan penelitian tindakan yang lebih konprehensif terhadap
inovasi model pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam, 4) Harapan penulis, kiranya penelitian ini dapat dikembangkan sehingga tidak
terpaku kepada suatu model, akan tetapi dapat menggunakan model yang bervariasi
agar jalannya pembelajaran tidak membosankan bagi peserta didik di dalam kelas
Akmaluddin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
80100208245 | 2X7 | Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair |