Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Peserta Didik pada SMA Negeri 1 Sigi Biromaru Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah


Tesis ini membahas tentang kompetensi guru PAI dalam pembentukan
kepribadian peserta didik pada SMA Negeri 1 Sigi Biromaru Kabupaten Sigi
Sulawesi Tengah. Pokok permasalahannya adalah bagaimana kompetensi guru dalam
pembentukan kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
gambaran tentang kompetensi guru PAI, upaya guru PAI dalam
mengefektifkan pembentukan kepribadian peserta didik, serta kendala dan solusi
yang dihadapi guru PAI dalam membentuk kepribadian peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif
kualitatif. Populasinya adalah peserta didik kelas XI yang beragama Islam berjumlah
112 orang, sampel yang ditetapkan 25% dengan jumlah responden 28 orang,
dinyatakan sebagai informan 17 orang sekaligus sebagai sasaran penelitian.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan pedoman wawancara,
disusun berdasarkan indikator variabel penelitian. Data primer dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data sekunder dikumpulkan melalui
penelusuran library research, dan analisis data dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan, guru memiliki kompetensi kepribadian.
Mereka memiliki sifat dewasa, arif dan bijaksana, berwibawa, memiliki ahklak mulia,
memiliki perilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik, bertindak sesuai norma
religius, jujur, ikhlas, dan suka menolong. Kompetensi kepribadian ini di dukung pula
oleh kompetensi sosial. Mereka memiliki pengetahuan tentang adat istiadat baik
sosial maupun agama; pengetahuan budaya dan tradisi; pengetahuan inti demokrasi;
pengetahuan estetika; apresiasi dan kesadaran sosial; guru memiliki sikap yang benar
terhadap pengetahuan dan pekerjaan; setia terhadap harkat dan martabat manusia.
Adapun upaya yang ditempuh guru dalam membentuk kepribadian peserta
didik adalah memberikan nasihat dan pengawasan terhadap peserta didik, pemberian
motivasi dan penghargaan, penggunaan metode mengajar yang variatif, dan
pendekatan pribadi kepada peserta didik. Meskipun demikian terdapat juga sejumlah
kendala yang dihadapi guru yaitu faktor individu guru PAI yang masih memerlukan
kesamaan persepsi dengan guru lain. Kurangnya media pembelajaran yang secara
tidak langsung dapat mempengaruhi transfer pengetahuan dan perilaku guru ke
peserta didik. Oleh karena itu, sekolah memberikan kesempatan pada guru PAI untuk
mengikuti kegiatan pengembangan diri seperti Pendidikan dan Pelatihan, workshop,
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan lain-lain, bekerja sama dengan guru
lain terutama guru PKn dan guru BK, serta orang tua/wali peserta didik untuk diikut
sertakan dalam kegiatan sekolah, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah
Sudirman - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2010
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...