Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Metode pada Pembelajaran Remedial dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Makassar


Tesis ini membahas tentang metode pada pembelajaran remedial dalam
meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pelaksanaan pembelajaran
remedial, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran remedial
dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Permasalahan pokok
penelitian ini dijabarkan dalam sub masalah sebagai berikut: 1) bagaimana metode
pelaksanaan pembelajaran remedial mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 25 Makassar; 2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
pembelajaran remedial di SMP Negeri 25 Makassar; 3) bagaimana upaya-upaya
peningkatan pelaksanaan pembelajaran remedial mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 25
Makassar.
Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data melalui riset kepustakaan
dengan teknik kutipan langsung dan tidak langsung, dan riset lapangan dengan
teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis. Sedangkan dalam
pengolahan data, penulis menggunakan metode induktif, deduktif, dan komparatif.
Adapaun data dalam bentuk angka-angka diolah dalam tabel frekuensi kemudian
dicari distribusi presentasenya. Setelah itu, data kuantitatif tersebut diberi makna
secara kualitatif. Penelitian ini sifatnya deskriptif kualitatif. Untuk menguji validitas
data, penulis mencocokkan dan membandingkan data dari berbagai sumber, baik
lisan (hasil wawancara) maupun data hasil observasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pelaksanaan pembelajaran
remedial mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Makassar
adalah pemberian tugas secara individu dan bimbingan khusus berupa dorongan
dengan nasehat. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran remedial, antara
lain: kemampuan guru, sarana dan prasarana yang memadai, dan lingkungan sekolah
yang aman dan bersih. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: sumber
pembelajaran yang terbatas, anggaran/biaya pembelajaran remedial belum memadai,
xiiixiv
dan dukungan keluarga atau orang tua peserta didik belum maksimal. (3)
Upaya peningkatan pelaksanaan pembelajaran remedial dalam meningkatkan
prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Makassar antara lain:
pengaktifan MGMP sekolah, pengiriman guru mengikuti pelatihan dan penataran,
penyediaan fasilitas sumber pembelajaran yang memadai, dan mempererat hubungan
dan kerjasama antara sekolah dengan keluarga atau orang tua peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini yaitu peningkatan pelaksanaan pembelajaran
remedial sangat penting dan merupakan tanggungjawab bersama termasuk warga
sekolah, pemerintah dan peran serta orang tua dalam membantu peserta didik yang
berprestasi rendah atau yang mengalami kesulitan belajar. Agar kegiatan
pembelajaran remedial dapat tercapai dengan baik, diharapkan kepada guru
Pendidikan Agama Islam khususnya dan para pendidik pada umumnya dapat
menggunakan cara-cara atau metode yang variatif dan relevan dengan tingkat
kesulitan belajar peserta didik
St. Rafiqah - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2010
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...