Detail Cantuman Kembali
TESIS:PembelajaranTa’bi>r dalam Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar
Tesis ini membahas tentang PembelajaranTa’bi>r dalam Melatih
Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Ma’had al-Birr Universitas
Muhammadiyah Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengeksplorasi
metode yang digunakan dalam pembelajaranta’bi>r dalam melatih keterampilan
berbicara bahasa Arab mahasiswa Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah
Makassar, 2) mendeskripsikan keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa
Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar, 3) mengeksplorasi kontribusi
pembelajaranta’bi>r dalam melatih keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa
Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar.
Jenis penelitian ini tergolong kualitatif deskriptif dengan dua pendekatan: 1)
pendekatan teoretis yang mencakup pendekatan linguistik, psikologis, dan
pendekatan pedagogis; 2) Pendekatan penelitian yaitu pendekatan fenomenologi.
Adapun sumber data penelitian ini adalah Direktur, Dosen, dan peserta didik Ma’had
al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar. Selanjutnya, metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen, dan penelusuran
referensi. Lalu, teknik pengelolaan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga
tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan,Pertama bahwa terdapat beberapa metode
yang digunakan dalam pembelajaranta’bi>r di Ma’had al-Birr Universitas
Muhammadiyah Makassar, yaitu MetodeMuba>syarah, Metode Komunikatif, dan
Metode Campuran dengan beberapa teknik dalam pengajarannya seperti: Teknik
taqdi>m al-s}u>rah wa al-kalimah dantaqdi>m al-s}u>rah wa al-jumlah, dantakwi>n alqis}s}ah. Kedua bahwa keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa>mustawa> awal
Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar, adalah mampu berbicara
bahasa Arab pada tingkat memenuhi kebutuhan rutin sosial untuk keperluan
pekerjaan secara terbatas di lingkungan kampus dan asrama dengan beberapa
kemampuan berbahasa yaitu 1) kemampuan berpartisipasi secara aktif seperti:
Mengetahui apa yang dikatakan, mengetahui bagaimana cara mengatakannya,xvi
mengetahui kapan dikatakan dan dapat merespon lawan bicara; 2) kemampuan
mempergunakan kata-kata dengan tepat arti; 3) kemampuan membentuk unsur-unsur
fonemik bahasa secara tepat dan; 4) kemampuan menciptakan efek emosional yang
diinginkan dengan suara.Ketiga Kontribusi pengajaranta’bi>r dalam melatih
keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswamustawa> awal Ma’had al-Birr
Universitas Muhammadiyah Makassar sangat besar, melalui hafalan kosa kata,
latihan-latihan berbicara dan berkisah, sehingga mata kuliah ini banyak membantu
mahasiswa dalam melatih kemampuanya dalam berbicara bahasa Arab.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan dengan adanya pembelajaran
ta’bi>r di tengah-tengah masyarakat mampu menjawab persoalan mengenai
pembelajaran bahasa terutama pembelajaran bahasa Arab. Dengan diterapkannya
pembelajaranta’bi>r di kampus-kampus memudahkan mahasiswa dalam belajar
berbicara dan melatih kemampuan bahasa mereka. Oleh karena itu sangat penting
bagi tiap kampus yang mengajarkan mata kuliah bahasa Arab untuk mengajarkan
ta’bi>r untuk melatih kemampuan mereka, sehingga mereka terlatih untuk
membiasakan diri berkomunikasi bahasa Arab seperti penutur aslinya.
Ansar - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2017
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...