Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Kemampuan Bahasa Arab Siswa Kelas XII Bahasa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Polewali Mandar


Penelitian ini berjudul: Kemampuan Bahasa Arab Siswa Kelas XII Bahasa
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Polewali Mandar. Adapun rumusan masalah dibagi ke
dalam beberapa rumusan yaitu: (1) Bagaimana Kemampuan Istima>’ Siswa Kelas XII
Bahasa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Polewali Mandar, (2) Bagaimana
Kemampuan Kala>m Siswa Kelas XII Bahasa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
Polewali Mandar, (3) Bagaimana Kemampuan Qira>’ah Siswa Kelas XII Bahasadi
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Polewali Mandar, (4) Bagaimana Kemampuan
Kita>bah Siswa Kelas XII Bahasa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Polewali
Mandar, (5) Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat pada
pembelajaran bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Negeri Polewali Mandar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yakni analisis
deskriptif yang dititik beratkan pada upaya mengungkapkan suatu masalah dan
keadaan sebagaimana adanya, sehingga merupakan penyingkapan fakta dengan
menganalisa data. Adapun tempat penelitian ini adalah di Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Polewali Mandar. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XII Bahasa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Polewali Mandar.
Hasil penelitian menujukkan nilai maha>rat al-istima>’ yaitu 71,84. Adapun
nilai maha>rat al-qira>’ah adalah 70,13. Nilai maha>rat al-kala>m adalah 83,02.
Sedangkan nilai yang diperoleh dari penguasaan maha>rat al-kita>bah adalah 80,52.
Berdasarkan nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tingkat penguasaan
maha>rat al-Lugha>t siswa Kelas XII Bahasa Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
Polewali Mandar dapat dikategorikan baik.
Sedangkan untuk faktor-faktor pendukung dalam proses pembelajaran
bahasa Arab untuk menunjang keberhasilan penguasaan bahasa Arab siswa-siswi
di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Polewali Mandar secara garis besarnya
dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor-faktor
tersebut meliputi proses pembelajaran, materi pembelajaran, minat dan motivasi
belajar, kualitas dan metode guru bahasa Arab, kegiatan perkampungan bahasa
Arab, serta sarana dan prasarana pembelajaran.
Faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran bahasa Arab untuk
mencapai penguasaan kemahiran bahasa Arab siswa-siswi di Madrasah Aliyah
Negeri (MAN) Polewali Mandar meliputi tingkat intelegensi siswa yang
bermacam-macam, sikap beberapa siswa yang pasif dalam pembelajaran
khususnya mata pelajaran bahasa Arab, alokasi waktu pelajaran bahasa Arab
yang masih minim, laboratorium bahasa yang belum berfungsi, serta standar nilai
pembelajaran nasional yang masih tinggi bagi tingkat Madrasah Aliyah.
Muhammad.Arham.B - Personal Name
400
NONE
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2018
LOADING LIST...
LOADING LIST...