Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri 8 Makassar


Tesis ini membahas tentang kompetensi pedagogik guru PAI dalam proses
pembelajaran di SMA Negeri 8 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk
mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI dalam proses pembelajaran di SMA
Negeri 8 Makassar, (2) untuk mengetahui proses pembelajaran di SMA Negeri 8
Makassar, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses
pembelajaran di SMA Negeri 8 Makassar.
Dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan fenomenologi, teologisnormatif, dan psikologis, dengan sumber data Kepala Sekolah SMA Negeri 8
Makassar, Wakasek bidang Kurikulum, ,Guru-guru PAI dan siswa SMA Negeri 8
Makassar. Pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan antara
observasi, wawancara dan dokumentasi). Sedangkan untuk teknik analisis data
dilakukan dengan tahapan lewat reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik yang
dimiliki guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 8 Makassar yaitu
kemampuan menguasai materi pelajaran, kemampuan dalam memahami
karakteristik peserta didik, kemampuan melaksanakan perancangan pembelajaran,
kemampuan mengevaluasi pembelajaran dan kemampuan mengembangkan
potensi peserta didik telah dilaksanakan dengan baik dan hasilnya pun
memuaskan, hal ini dibuktikan dengan berjalannya beberapa program peningkatan
kualitas belajar peserta didik baik melalui pembelajaran formal di jam sekolah
maupun pembelajaran informal di luar jam sekolah atau pada sore hari. (2) Dalam
proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 8 Makassar secara
keseluruhan, semua guru yang ada di SMA Negeri 8 Makassar ini dapat
melaksanakan tugasnya secara baik dan professional. Namun masih ada juga
sebagian guru yang masih perlu pembenahan secara maksimal dalam hal
kemampuan guru memanfaatkan media pembelajaran di kelas. Hal tersebut
terlihat dari hasil pencapaian siswa dalam memahami mata pelajaran PAI
berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Mata pelajaran. (3) Faktor
pendukung dari proses pembelajaran guru PAI di SMA Negeri 8 Makassar dapat
dilihat dari tiga faktor yaitu guru yang sudah memiliki kompetensi, biaya yang
cukup memadai dan sarana prasarana yang cukup representatif, Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu guru yang belum memiiki kompetensi yang maksimal
karena masih miskin dari sisi metodologi pembelajaran dan adanya sebagian
siswa yang belum lancar mengaji.
Implikasi dari penelitian ini adalah (1) Kompetensi pedagogik guru
pendidikan agama Islam merupakan kompetensi yang sangat penting dalam diri
seorang guru karena berkaitan langsung dengan proses pembelajaran sehinggaxvi
dalam pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.(2)
Pelajaran PAI yang mempunyai karakter yang menyentuh kepada seluruh aspek
kehidupan baik di dunia maupun di akhirat nantinya, dalam proses pembelajaran
yang dilaksanakan oleh guru PAI di SMA Negeri 8 Makassar diharapkan peserta
didik dapat mengaplikasikan dalam kehidupannya.
Khairuddin - Personal Name
2X7
NONE
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2018
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...