Detail Cantuman Kembali
TESIS: Penerapan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SMP Negeri I Sinjai Kabupaten Sinjai
Tesis ini membahas tentang penerapan kompetensi guru pendidikan agama
islam dalam penggunaan media pembelajaran di SMP Negeri I Sinjai Kabupaten
Sinjai, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penerapan kompetensi
guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran di SMP
Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai (2) faktor-faktor yang menjadi pendukung dan
penghambat dalam penerapam kompetensi guru pendidikan agama Islam dan upaya
pemecahannya (3) hasil penerapan kompetensi guru pendidikan agama Islam di
SMP Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan yaitu pendekatan teologis
normatif, pedagogis, dan psikologis penelitian. Metode pengumpulan data, melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu data primer dan data
sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan
dokumentasi dan metode pengolahan dan analisis data yaitu mengelompokkan data,
mereduksi data, dan penarikan kesimpulan, penyajian keabsahan data yaitu uji
trianggulasi, mengadakan observasi secara tekun, dan mengadakan pengecekan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)\ Penerapan kompetensi guru
pendidikan agama Islam pada SMP Negeri 1 Sinjai Utara dalam menggunakan
media pembelajaran berjalan dengan baik, media pembelajaran yang dirumuskan
pada rencana pembelajaran tersebut, tidaklah bersifat statis yang mesti dan harus
dilaksanakan guru saat mengajar, tetapi bersifat dinamis sesuai kondisi belajar dan
kondisi peserta didik; (2) Faktor pendukung yaitu adanya jaminan undang undang
RI tentang Sistem Pendidikan Nasional, kebijakan kepala sekolah dan kualifikasi
akademik guru pendidikan agama Islam. Sedangkan penghambat dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam yaitu jumlah jam pelajaran pendidikan agama Islam yang
terbatas, sarana untuk melaksanakan upaya pengembangan materi pendidikan
agama Islam kurang memadai, dan kurangnya dana. Adapun upaya pemecahannya
melalui beberapa langkah yaitu meningkatkan kemampuan profesional guru
pendidikan agama Islam, peningkatan sumber daya manusia guru pendidikan agama
Islam, loyalitas dan tanggung jawab guru pendidikan agama Islam, pengembangan
sarana dan prasarana, melaksanakan bimbingan pada peserta didik dan bekerja sama
dengan orang tua peserta didik; (3) Hasil penerapan kompetensi guru pendidikan
agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran terdapat tiga target penting
yaitu tercapainya target kurikulum dan meningkatnya akhlak mulia peserta didik,
dan meningkatnya hasil belajar peserta didik karena merupakan suatu indikator
yang dapat dipakai untuk menilai adanya keberhasilan belajar peserta didik terhadap
suatu pokok bahasan atau bahkan keseluruhan program pembelajaran.
Implikasi penelitian, diharapkan dalam penerapan kompetensi guru perlu
ada evaluasi dari pihak berwenang, agar penerapan kompetensi guru dapat berjalan
dengan baik. Kepada pemerintah seyogyanya dapat membantu sekolah dalam
menyediakan media pembelajaran. Hendaknya pihak sekolah melihat kebutuhan
guru kemudian mengikuti pelatihan-pelatihan guna meminimalisasi faktor
penghambat.
Rosmiaty Beddu - Personal Name
2X7
NONE
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...