Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Profesionalisme Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bontosunggu Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa


Tesis ini bertujuan untuk: (1) menjabarkan karakteristik kepemimpinan kepala
MIN Bontosunggu Kab. Gowa; (2) mengungkapkan profesionalisme kepala
madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN Bontosunggu Kabupaten
Gowa; (3) mengungkapkan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kepala
madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MIN Bontosunggu
Kabupaten Gowa; (4) menemukan, dan merumuskan solusi dalam mengatasi faktor
penghambat kepala madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MIN
Bontosunggu Kabupaten Gowa.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan religius, pendekatan pedagogik, pendekatan yuridis formal, dan
pendekatan manajemen,. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, wali peserta
didik, komite madrasah, dan peserta didik. Instrumen penelitian yakni panduan
observasi, pedoman wawancara dan acuan dokumentasi. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur pelaksanaan penelitian
yaitu tahap persiapan, tahap operasional, dan tahap penyelesaian. Analisis data
dengan langkah-lagkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik kepemimpinan kepala
MIN Bontosunggu Kab. Gowa adalah kepemimpinan demokratis dan kepemimpinan
manajerial; (2) Kepala MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa profesional dalam
meningkatkan mutu pendidikan karena kepala madrasah memiliki pengetahuan
sebagai manajer, melaksanakan supervisi pendidikan, memberi motivasi kepada
guru dan staf, berperan sebagai leader, menempatkan diri sebagai edukator, sebagai
administrator dan sebagai inovator. (3) Faktor yang mendukung di antaranya
kompetensi kepala madrasah, sarana dan prasarana sangat memadai, dan dana yang
cukup. Faktor yang menghambat yaitu masih ada guru merasa senior dan
keterampilan pengelola madrasah masih perlu ditingkatkan. Walaupun terdapat
kendala dihadapi, berupaya meminimalisir kendala tersebut, sehingga program yang
telah direncanangan dapat berjalan dengan baik; (4) Solusi yaitu melakukan
peningkatan kemampuan pengelola dan guru di madrasah, membuat program
tahunan di antaranya perumusan silabus dan pembuatan RPP dan program semister
secara berkesinambungan, di antaranya kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG),
Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKKM) dan Kelompok Kerja Pengawas
(POKJAWAS) serta kepala madrasah melakukan pendekatan, dan meningkatkan
kualitas supervisi dan pembinaan.
Implikasi penelitian, diharapkahn pihak kepala MIN Bontosunggu Kab.
Gowa, agar keprofesionalan yang dimiliki dikembangkan dalam menjalankan tugas
dan tanggung jawabnya sebagai kepala madrasah agar dapat mengatasi berbaga
tantangan yang dihadapi baik secara intern maupun ekstern. diharapkan kepada
seluruh stekholder pendidikan di MIN Bontosunggu Kab. Gowa mendukung program
yang rencanakan oleh kepala madrasah agar mutu pendidikan dapat meningkat.
Muhammad Ikram - Personal Name
2X7
NONE
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...