Detail Cantuman Kembali
TESIS: Aktualisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Akhlak Mulia Peserta didik di SMP Negeri 1 Polewali
Tesis ini membahas pokok masalah, yakni bagaimana aktualisasi nilai-nilai
pendidikan Islam dalam lingkungan sekolah dalam pembentukan akhlak mulia peserta didik di SMP Negeri 1 Polewali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
gambaran akhlak peserta didik di SMP Negeri 1 Polewali, mendeskripsikan upaya
yang dilakukan guru dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan Islam,
mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam
mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan Islam dan mendeskripsikan solusi
alternatif terhadap hambatan yang dihadapi guru dalam pembentukan akhlak mulia
bagi peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun pendekatan penelitian
yaitu pedagogis, psikologis, teologis normatif, dan sosiologis. Data bersumber dari
Kepala sekolah, para guru, dan tenaga kependidikan lainnya, serta beberapa orang
peserta didik. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dengan penyajian data, reduksi data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa secara umum peserta didik telah
memiliki akhlak mulia, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa di samping itu pelang
garan dalam hal ketidakjujuran dan pergaulan remaja yang menyimpang dari nilainilai pendidikan Islam masih juga terjadi. Upaya yang dilakukan guru dalam
mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan Islam selalu menunjukkan sikap
keteladanan, memberikan nasihat, mengaktifkan kegiatan Baca Tulis al-Qur’a>nxvii
(BTA) dan pengajian di luar jam pelajaran serta s}alat z}uhur berjamaah di sekolah.
Faktor pendukung dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan Islam meliputi
kepedulian Kepala sekolah dan peran serta orang tua, dan faktor penghambat adalah
lingkungan masyarakat dan arus globalisasi modern. Solusi terhadap hambatan
tersebut adanya kerja sama antara pihak sekolah dengan para orang tua dalam
mengantisipasi pergaulan dalam lingkungan masyarakat.
Implikasi penelitian ini diharapkan kepada peserta didik agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kedisiplinan, menghindari pengaruh lingkungan dan
arus globaslisasi kemajuan teknologi informasi yang dapat merusak nilai-nilai sudah
ditanamkan oleh orang tuanya di rumah dan guru di sekolah. Demikian pula guru
diharapkan kiranya dapat meningkatkan keteladanan di lingkungan sekolah agar
dapat membentuk akhlak mulia peserta didik dan diaktualisasikan baik ketika berada
di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat.
Rahmatiah. K. - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2013
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...