Detail Cantuman Kembali
TESIS: Kreativitas Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Palolo 1 Kabupaten Sigi
Tesis ini membahas ‚Kreativitas Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Palolo 1 Kabupaten Sigi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kreativitas Kepala Madrasah dalam
meningkatkan mutu pendidikannya, dan Bagaimana Faktor Pendukung serta
Penghambat untuk peningkatan mutu serta bagaimana solusi yang ditawarkan untuk
menyelesaikan permasalahan yang timbul untuk meningkatkan mutu pendidikannya?
Peneliti mengambil lokasi di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Palolo 1
Kabupaten Sigi. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan instrument peneliti
sendiri. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi atau
pengamatan langsung oleh peneliti, pedoman wawancara kepada narasumber, sekaligus
menggunakan teknik dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah bahwa: 1) Bentuk kreativitas Kepala Madrasah
Tsanawiyah Alkhairaat Palolo 1 Kabupaten Sigi dalam meningkatkan mutu
pendidikan: a) meningkatkan manajemen sekolah, b) meningkatkan sumber daya
manusia yaitu tenaga pendidik dan kependidikan agar lebih profesional, c)
memberdayakan sarana dan prasarana, d) mengefektifkan tingkat pemahaman siswa
dengan metode yang lebih santai dan tidak kaku, d) melibatkan stakeholders semisal
pemerintah dan masyarakat untuk ikut bersama mengembangkan lembaga
pendidikan. 2) Faktor Pendukung terlakasananya peran serta seluruh sumber daya
manusai baik guru sebagai pendidik maupun tenaga kependidikan yang mempunyai
keinginan yang kuat untuk meningkatkan pelayanan mereka dengan seefektif dan
seefesien mungkin, 3) Faktor Penghambat yaitu: belum adanya laboratorium khusus
bahasa dan multimedia yang mendukung penguasaan pengetahuan praktis yang
berhubungan secara langsung dengan kompetensi yang dimiliki oleh sekolah umum
yang bercirikan keagamaan. 4) Solusi yang dilakukan adalah kepala madrasah dan
para wakilnya lebih intensif melakukan pendekatan kepada berbagai pihak yang
berwenang dan terkait dengan kemajuan madrasah dan meningkatkan pengawasan,
evaluasi dan supervisi terhadap seluruh kalangan yang ada.
Sebagai implikasi penelitian ini adalah kiranya ada penelitian lanjutan
yang berkenaan dengan peningkatan dari aspek lainnya yaitu semua elemen
yang terlibat mesti melakukan tindakan terencana hingga kepencapaian
tujuan pendidikan itu sendiri dan selanjutnya keterlibatan stakeholders yang
lainnya pula harus ditingkatkan, karena pada akhirnya merekalah yang akan
menjadi pengguna dari luaran lembaga pendidikan itu. Adanya keterlibatan
pemerintah dan masyarakat yang lebih intensif kepada peningkatan mutu
madrasah dengan memberikan kebijakan dan bantuan yang real.
Muhammadong - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2013
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...