Detail Cantuman Kembali
TESIS: Efektifitas Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Sidenreng Rappang
Tesis ini mengkaji tentang efektifitas K3M dalam meningkatkan mutu
pendidikan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Sidenreng Rappang. Tujuan
penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Profil Madrasah Tsanawiyah di
Kabupaten Sidenreng Rappang, 2) untuk mengetahui gambaran mutu pendidikan
Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten sidenreng Rappang, 3) untuk mengetahui
efektivitas K3M MTs dan 4) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
serta solusinya.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi
penelitian pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Sidenreng Rappang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan yuridis,
pendekatan pedagogis, dan pendekatan manajemen. Sumber data penelitian adalah
kepala madrasah, Kasi Pendidikan Madrasah, pengawas serta guru yang berjumlah
16 orang. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi dan dianalisis dengan metode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. K3M Madrasah Tsanawiyah
Kabupaten Sidenreng Rappang cukup aktif melakukan kegiatan-kegiatan dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Sidenreng
Rappang. Hal ini dapat dilihat dari visi-misi, tujuan dan program kerja serta
beberapa kegiatan yang dilaksanakan, 2. Gambaran mutu pendidikan madrasah
tsanawiyah Kabupaten Sidenreng Rappang dapat kita lihat dari sisi kelembagaan,
ketenagaan (kepala madrasah, guru, dan pegawai), sarana dan prasarana serta
keadaan peserta didik, 3. Efektivitas K3M MTs dapat dilihat dari hubungan
silaturrahmi kepala MTs yang baik, peningkatan jumlah peserta didik, komunikasi,
wadah informasi kemenag, meningkatnya kegiatan guru dan peserta didik dan 4.
Faktor pendukung keaktifan K3M Madrasah Tsanawiyah meliputi: (1) kualifikasi
pendidikan kepala madrasah, (2) keterlibatan dalam kegitan dan forum K3M, (3)
supervisi pengawas, (4) ketersedian anggaran, (5) internal kepala madrasah dan (6)
peran kementerian agama Kabupaten Sidenreng Rappang.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Kelompok Kerja Kepala Madrasah
(K3M) Madrasah Tsanawiyah harus tetap eksis sebagai wadah ilmiah untuk
melakukan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan profesionalitas dan wadahxiv
silatturrahmi kepala madrasah Tsanawiyah, 2) Pengurus K3M Madrasah Tsanawiyah
Kabupaten Sidenreng Rappang senangtiasa lebih mengefektifkan pelaksanaan
kegiatan K3M sebagai wadah kepala Madrasah untuk bermusyawarah dalam
meningkatkan mutu pendidikan madrasah Tsanawiyah, 3) Kepala Kantor
Kementerian Agama melalui Kasi Pendidikan Madrasah dan pengawas senangtiasa
memberikan dukungan dan motivasi kepada kepala madrasah untuk melakukan
kegitan-kegiatan pengembangan diri.
Herman - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2013
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...