Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Pemanfaatan Media Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMPN 3 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara


Penelitian ini bertujuan; (1) mengetahui strategi pemanfaatan media dalam
proses pembelajaran pendidikan agama Islam, (2) mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN
3 Malangke Barat, dan (3) mengetahui bagaimana pemanfaatan media pembelajaran
dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMPN 3 Malangke
Barat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.
Pendekatan yang digunakan adalah multidisipliner, yakni; pendekatan pedagogis,
psikologis, dan teologis normatif. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi
yakni teknik pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain dari
luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam di SMPN 3
Malangke Barat telah menggunakan media dalam menyampaikan pembelajaran. Media
pembelajaran yang digunakan adalah LCD, tape recorder, dan poster/alat peraga.
Strategi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran yakni penyusunan desain
pembelajaran (RPP) berbasis media, penggunaan media pembelajaran, dan melakukan
evaluasi. Faktor pendukung terdiri dari tersedianya media pembelajaran di sekolah, dan
partisipasi orang tua peserta didik dalam penyiapan sarana dan prasarana. Sedangkan
faktor penghambat adalah profesionalisme guru dalam penggunaan media masih perli
ditingkatkan, motivasi belajar peserta didik yang masih rendah, daya listrik yang
terbatas, dan letak sekolah yang jauh dari akses informasi. Pemanfaatan media
pembelajaran di SMPN 3 Malangke Barat telah mampu meningkatkan prestasi belajar
pendidikan agama Islam peserta didik. Nilai semester I dengan nilai rata-rata 83,63 dan
pada semester II meningkat menjadi 86,52. Dengan demikian pemanfaatan media
pembelajaran dapat meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SMPN 3 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara.
Profesionalisme guru khususnya pendidikan agama Islam dalam pemanfaatan
media pembelajaran harus senantiasa ditingkatkan seiring kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi. Teknologi pembelajaran akan semakin maju di masa yang akan datang,
oleh karena itu semua pihak terkait harus memperhatikan kompetensi guru dalam
memanfaatkan media pembelajaran. Dari temuan penelitian bahwa pemanfaatan media
pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Olehnya itu, SMPN 3
Malangke Barat dan lembaga pendidikan pada umunya harus memacu ketersediaan
sarana dan prasarana yang menunjang pemanfaatan media dalam pembelajaran
Syamsuddin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...