Detail Cantuman Kembali
TESIS: Implementasi Peraturan Sekolah tentang Punishment dan Kontribusinya terhadap Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Takwa di SMP Negeri 1 Gorontalo
Tesis ini mengkaji implementasi peraturan sekolah tentang punishment dan
kontribusinya terhadap pendidikan karakter berbasis iman dan takwa di SMP Negeri
1 Gorontalo, Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini meliputi bagaimana
gambaran implementasi peraturan sekolah tentang punishment di SMP Negeri 1
Gorontalo, bagaimana gambaran pelaksanaan pendidikan karakter berbasis iman dan
takwa di SMP Negeri 1 Gorontalo, bagaimana kontribusi peraturan sekolah tentang
punishment terhadap pendidikan karakter berbasis iman dan takwa di SMP Negeri 1
Gorontalo, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat serta solusi implementasi peraturan sekolah tentang punishment di SMP Negeri 1 Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan pedagogis, teologis normatif,
psikologis, dan sosiologis. Sumber data yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah,
guru pendidikan agama Islam, guru BK, guru mata pelajaran, wali kelas, peserta
didik dan orang tua peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan pedoman
observasi, pedoman wawancara, dan cheek list. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan teknik
pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data
(display data) dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Melalui proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data maka hasil
penelitian adalah: Implementasi peraturan SMP Negeri 1 Gorontalo tentang
hukuman menunjukkan adanya kesesuaian antara cara menghukum peserta didik di
sekolah dengan prinsip-prinsip pelaksanaan hukuman dalam pendidikan. Hal ini
menunjukkan bahwa pengimplementasian hukuman di sekolah ini menggunakan
tahapan-tahapan yang positif dan edukatif. Bentuk pendidikan karakter yang
dikembangkan dan dibudayakan dalam lingkungan sekolah ada lima pilar nilaixiii
karakter yaitu religius, jujur, disiplin, peduli sosial, dan peduli lingkungan kepada
seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Gorontalo sehingga membuat peserta didik
sadar, bertanggung jawab, beriman, dan bertakwa kepada Allah swt. Adanya
peraturan sekolah tentang hukuman tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap
pencapaian tujuan pendidikan yaitu terciptanya sosok peserta didik yang beriman
dan berakhlak mulia. Hal ini dibuktikan dengan kesadaran peserta didik mematuhi
aturan, karena telah dibudayakan lima pilar nilai karakter yakni religius, jujur,
disiplin, peduli sosial dan peduli lingkungan. Adapun yang menjadi faktor
pendukung yakni adanya dukungan dari kepala sekolah, para guru dan seluruh sivitas
sekolah dalam menerapkan hukuman kepada peserta didik yang melanggar disiplin,
faktor peghambat antara lain faktor intern yaitu faktor yang datang dari dalam diri
peserta didik seperti malas yang menyebabkan kurang disiplin, faktor ekstern yaitu
faktor yang datang dari luar diri peserta didik itu sendiri seperti lingkungan
keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah, solusi dari beberapa faktor
penghambat di antaranya home visit kunjungan ke rumah peserta didik yang
bermasalah, bilamana terjadi pelangaran yang dilakukan oleh peserta didik kategori
tingkat berat maka diadakan konversi khusus antara peserta didik yang melakukan
pelanggaran, orang tua peserta didik, guru BK, guru pendidikan agama Islam, wali
kelas, wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dan kepala sekolah.
Kondisi di atas berimplikasi: 1) Kepala sekolah, hukuman tetap diterapkan
tetapi contoh teladan dari pemimpin lebih mujarab menjadi panutan bagi semua
sivitas sekolah terutama peserta didik, 2) Guru, sekalipun pelangaran dilakukan oleh
peserta didik, hukuman diberikan dengan ketulusan hati dan kasih sayang serta
sedapat mungkin hindari hukuman fisik, 3) Peserta didik, hindari perbuatanperbuatan yang melanggar peraturan karena akan merugikan diri sendiri dan orang
lain, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainny
Sutarjo Paputungan - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...