Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Pelaksanaan Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAIpada SD di Kec. Wanea Kota Manado


Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan supervisi
pengawas Pendidikan Agama Islam pada SD di Kecamatan Wanea Kota Manado,
untuk mengetahui kendala yang dihadapi pengawas Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kinerja guru PAI pada SD di Kecamatan Wanea Kota Manado serta
untuk mengetahui upaya yang dilakukan pengawas Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kinerja guru PAI pada SD di Kecamatan Wanea Kota Manado.
Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Wanea Kota Manado. Jenis penelitian
field research dengan analisis kualitatif desriptif. Pendekatan yang digunakan
melalui pendekatan interdisipliner, yaitu pendekatan teologis-normatif, manajerial,
pedagogis, psikologis, dan sosiologis. Selain penulis sebagai instrumen kunci,
sumber data diperoleh juga dari Kepala Seksi Mapenda Kantor Kementerian Agama
Kota Manado, Pengawas Pendidikan Agama Islam di lingkungan Kemenag Kota
Manado, dan guru PAI pada SD di Kec. Wanea Kota Manado. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data
dilakukan melalui tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data,
lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Pengujian keabsahan data
dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan bahan referensi yang mendukung.
Hasil penelitian menunjukkan ada lima langkah pengawas Pendidikan Agama
Islam yaitu merencanakan, menginformasikan kunjungan, observasi kelas, supervisi
administrasi dan pembicaraan individu sesudah supervisi. Adapun kendala yang
dihadapi meliputi kendala internal dari dalam diri pengawas sendiri dan kendala
eksternal dari guru PAI dan lingkungannya. Langkah pengawas dalam meningkatkan
kinerja berupa pemberian motivasi untuk meningkatkan kompetensi, motivasi
mencintai profesi dan optimalisasi peran KKG.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Kualifikasi pengawas pendidikan
agama dan bentuk supervisi yang dilakukan perlu diperhatikan 2) Menyikapi secara
positif kendala yang muncul dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mencari
solusi dari kendala yang ada 3) Optimalisasi forum KKG perlu mendapat dukungan
dari berbagai pihak guna perbaikan proses pembelajaran guru PAI.
Sahrati Arasy - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...