Detail Cantuman Kembali
TESIS: Efektivitas al-T{ari>qah al-Muba>syarah pada Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Santri Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Shohwatul Is’ad Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penerapan alt}ari>qah al-muba>syarah pada pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern
Islam Shohwatul Is’ad Kec. Ma’rang Kab. Pangkep, mengetahui efektivitas alt}ari>qah al-muba>syarah pada pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern
Islam Shohwatul Is’ad Kec. Ma’rang Kab. Pangkep, dan Penelitian ini bertujuan
pula untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan al-t}ari>qah al-muba>syarah pada
pembelajaran bahasa Arab santri Pondok Pesantren Modern Islam Shohwatul Is’ad
Kec. Ma’rang Kab. Pangkep serta solusinya.
Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Modern Islam Shohwatul Is’ad
Pangkep. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis
deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, sosiologis,
filosofis, linguistik, dan pendekatan psikologis. Sumber data dibagi menjadi dua
yaitu sumber data primer yang meliputi dewan kiai, direktur pesantren, 7 guru
Bahasa Arab, peserta didik, pegawai/staf TU madrasah, dan pihak-pihak yang
berkompeten sebagai kontributor dalam penelitian ini. Adapun sumber data
sekunder, yaitu dalam bentuk dokumen seperti buku-buku ilmiah, buku sumber ajar,
perangkat pembelajaran, dan dokumen penting lainnya yang berkaitan dengan objek
pembahasan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview
(wawancara), dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti
sendiri. Adapun metode analisis data dilakukan mulai dari mereduksi, menyajikan,
dan menarik kesimpulan dari data yang telah terkumpul, selanjutnya melakukan uji
keabsahan data dengan cara uji kredibilitas data.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan al-t}ari>qah almuba>syarah pada pembelajaran bahasa Arab masih tepat digunakan karena adanya
dukungan dari dewan guru, lingkungan yang memadai, sarana prasarana yang cukup,
input dari peserta didik dan kesadaran dari semua pihak untuk senantiasa
berkomunikasi dengan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar. Dari segi efektivitas
al-t}ari>qah al-muba>syarah pada pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan
kemampuan berbahasa Arab santri masih lebih dominan dan layak digunakanxviii
sebagai salah satu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab
di Pondok Pesantren modern Islam Shohwatul Is‘ad Pangkep, tetapi dalam
pelaksanaannya belum optimal. Hal tersebut karena adanya aspek kelebihan dan
kekurangan dalam penggunaan al-t}ari>qah al-muba>syarah yang diterapkan di Pondok
Pesantren seperti masih ditemukan sebagian pendidik dan peserta didik yang belum
berkomunikasi bahasa Arab, khalfiyya>t (latar belakang) peserta didik yang berbedabeda, dan lingkungan Pondok Pesantren sebagai lingkungan belajar bahasa belum
dimanfaatkan secara optimal. Sedangkan upaya solutif dalam masalah ini adalah
mendatangkan guru bahasa Arab yang profesional (al-na>t}iq al-asliy), memberikan
jam khusus kepada peserta didik yang belum mengenal bahasa Arab, pengawasan
yang lebih ketat di lingkungan Pondok Pesantren, dan memberikan pelatihanpelatihan atau kursus kepada pendidik yang belum mampu berbahasa Arab.
Implikasi dari penelitian diharapkan adanya pelatihan atau kursus bahasa
Arab bagi pendidik dan mewajibkan mereka untuk selalu berkomunikasi berbahasa
Arab sehingga akan terjadi keseimbangan antara pendidik dan peserta didik.
Kedisiplinan peserta didik terhadap penggunaan bahasa Arab harus ditegakkan,
tingkat pemantauan, pengawasan dan kontrol terhadap peserta didik dalam area
pesantren harus dilakukan setiap saat dan memberikan sanksi kepada siapapun yang
tidak berbahasa Arab, agar terciptanya lingkungan bahasa yang baik di dalam
lingkungan Pondok Pesantren, dan diharapkan kepada ketua yayasan dan direktur
pondok untuk menekankan kepada pendidiknya dalam penggunaan bahasa Arab
sebagai bahasa pengantar baik di lingkungan pesantren maupun di luar pesantren.
Muhammad Makhrus - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...