Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Evaluasi Pembelajaran Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Kota Makassar


Pokok masalah penelitian dan pengembangan ini adalah (1) bagaimana
proses evaluasi pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti di SMP Kota Makassar, (2) apakah evaluasi pembelajaran bidang studi
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memuat komponen-komponen, (3)
apakah evaluasi pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti valid dan efisien, dan (4) apakah evaluasi pembelajaran bidang studi
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memenuhi kriteria kepraktisan.
Adapun tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk mengetahui evaluasi
pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti secara
komprehensif.
Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model Stake Countenance
yang memuat antecedent (masukan), transaction (porses), dan outcome (hasil)
Obyek utama penelitian adalah evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti di SMP Kota Makassar. Subyek penelitian ini adalah Pengawas,
Kepala Sekolah, Guru PAI dan BP, peserta didik dan orang tua, dengan tujuan
untuk memperoleh komponen evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti.
Proses penelitian diawali dengan studi pendahuluan, selanjutnya
mendeksripsikan evaluasi pada masukan, proses dan hasil, ketiga komponen
tersebut juga dideskripsikan secara matrik pada bagian utama yaitu deskrpsi
observasi (matrix observation) dan deskripsi penilaian (matrix judgment).
Evaluasi pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti adalah perencanaan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, pengembangan
profesi, dan evaluasi. Nilai validasi pada seluruh komponen adalah 0,92,
sedangkan nilai reliabilitas komponen adalah 0,8. Nilai efektivitasnya adalah 3,42 berada
pada kategori valid. Nilai kepraktisan bernilai 3,7 berada pada kategori ’valid’. Implikasi
hasil penelitian evaluasi ini adalah terbentuknya empat komponen evaluasi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang melibatkan penilai pegawas/kepala
sekolah, peserta didik, orang tua dan penilaian diri sendiri.
Akhmad Syahid - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
2018
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...