Detail Cantuman Kembali
TESIS: Desain Pembelajaran Al-Qur’an-Hadis dalam Upaya Meningkat-kan Mutu Pembelajaran di MAN I Makassar.
Tesis ini membahas tentang desain pembelajaran Al-Qur’an-Hadis dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran pada MAN I Makassar. Permasalahan yang dibahas adalah: Bagaimana gambaran desain pembelajaran Al-Qur’an-Hadis di MAN I Makassar, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru dalam membuat desain pembelajaran di MAN I Makassar, dan bagaimana upaya menanggulangi faktor penghambat dan solusinya dalam mengembangkan desain pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di MAN I Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan teologis normatif, yuridis, dan pedagogis. Pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumetasi. Sumber data penelitian ini adalah Guru Al-Qur’an-Hadis, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah bagian kurikulum, bidang kesiswaan, perwakilan peserta didik dan beberapa informan lain yang dianggap layak. Adapun teknik pengolahan data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Setelah peneliti penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa pada umumnya semua guru Al-Qur’an-Hadis sudah mempersiapkan rancangan pembelajaran sebelum mengajar, namun kemampuan guru dalam merancang masih membutuhkan pengembangan sesuai dengan kebutuhan, dan perkembangan peserta didik. Dalam mengembangkan desain pembelajaran guru Al-Qur’an-Hadis mengalami berbagai macam kendala yakni, kurangnya referensi tentang pembelajaran Al-Qur’an-Hadis di perpustakaan, terbatasnya media pembelajaran, kemampuan guru dalam menggunakan teknologi, dan peserta didik yang tidak mampu membaca al-Qur’an. Dalam menanggulangi faktor penghambat tersebut pihak sekolah dalam hal ini kepala madrasah, wakamad bidang kurikulum dan guru bidang studi telah melakukan usaha. Kepala madrasah telah bermohon ke kementerian agama untuk permintaan buku referensi, dan fasilitas berupa media dan software pembelajaran. Wakamad dan guru telah melakukan sosialisasi dengan komite sekolah dan alumni MAN I tentang kendala tersebut. Di samping faktor penghambat ada faktor pendukung guru dalam mengembangkan desain pembelajaran. Untuk mengembangkan wawasan dan kompotensi guru sehingga mudah mengembangkan desain pembelajaran, pihak sekolah memberdayakan jaringan internet di lingkungan sekolah, membentuk team teaching, memberikan motivasi kepada guru untuk melanjutkan studi, melakukan suvervisi di kelas, dan mengutus guru untuk mengikuti pelatihan dan seminar demi pengembangan kompotensi guru. Untuk peningkatan kemampuan baca al-Qur’an peserta didik diadakan privat baca al-Qur’an tiga kali dalam satu minggu.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Para guru Al-Qur’an-Hadis MAN I Makassar agar lebih mengembangkan pengetahuan dan wawasan, agar tidak merasa kaku dalam membuat inovasi pembelajaran. 2) Kendala yang dihadapi dalam melakukan desain pembelajaran senantiasa diminimalisir dengan selalu melakukan evaluasi. Upaya yang perlu dilakukan adalah peningkatan sumber daya guru, pengadaan media pembelajaran, kerjasama dan komunikasi yang aktif antara pihak madrasah dengan komite sekolah, alumni dan masyarakat sekitarnya. 3) Upaya yang telah dilakukan Kepala madrasah dan guru Al-Qur’an-Hadis dalam menanggulangi faktor penghambat pengembangan desain pembelajaran perlu diapresiasi dan ditingkatkan, agar ke depan MAN I bisa menjadi lebih unggul dan dijadikan percontohan.
Muhammad Basri Gahu - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...