Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri Palopo)


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengemukakan pelaksanaan tugas pokok Kepala Madrasah Aliyah Negeri Palopo, (2) Mengetahui Faktor pendukung dan penghambat kepala Madrasah Aliyah Negeri Palopo dalam melaksanakan tugas pokok meningkatkan mutu pendidikan, (3) mengetahui solusi yang dilakukan kepala Madrasah Aliyah Negeri Palopo dalam menghadapi faktor penghambat pelaksanaan tugas pokok meningkatkan mutu pendidikan. dan (4) mengetahui dampak pelaksanaan tugas pokok Kepala Madrasah Aliyah Negeri Palopo dalam peningkatan mutu pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan paedagogis, manajemen dan teologis. Data primernya diperoleh dari kepala madrasah, guru, staf tata usaha, dan phak-pihak terkait yang ada di madrasah serta masyarakat yang selama ini membantu madrasah dalam pengembangan pendidikan sedangkan data skundernya diperoleh dari buku-buku, internet dan sumber lainnya yang dianggap relevan dengan permasalahan yang diteliti.
Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan kepala MAN Palopo dalam melaksanakan tugas pokok adalah tipe pemimpin yang demokratis, indikasinya dapat dilihat dari penjabaran tugas pokok, strategi-strategi, aksi dan program-program madrasah yang aktif, dinamis, dan terarah yang berusaha memanfaatkan setiap orang untuk kepentingan kemajuan dan perkembangan madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan, walaupun masih ada beberapa kelemahan yang harus diperbaiki dan memerlukan strategi yang lebih baik dari kepala madrasah dalam pelaksanaan tugas pokoknya terutama dalam mengatasi masalah masih kurangnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di MAN Palopo.
Implikasi akhir dari penelitian ini adalah pentingnya kepala madrasah sebagai pemimpin untuk senantiasa melaksanakan tugas pokoknya dengan maksimal agar terjadi peningkatan mutu pendidikan di madrasah. Untuk kepentingan tersebut, kepala madrasah harus mampu memobilisasi sumber daya madrasah, dalam kaitannya dengan perencanaan dan evaluasi program madrasah, pengembangan kurikulum, pembelajaran, pengelolaan ketenagaan, sarana dan sumber belajar, keuangan, pelayanan siswa, madrasah dengan masyarakat dan penciptaan iklim madrasah.

Muhammad Aslam - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...