Detail Cantuman Kembali
TESIS: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN-HADIS MELALUI METODE KONVENSIONAL DI MADRASAH TSANAWIYAH DDI CAMBALAGI KABUPATEN MAROS SULAWESI SELATAN
Tesis ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an-Hadis melalui metode konvensional di madrasah Tsanawiyah DDI Cambalagi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an-Hadis melalui metode konvensional. 2) Mendeskripsikan, dan mengungkapkan, faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an-Hadis, dan 3) Mendeskripsikan solusi terhadap hambatan pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an- Hadis.
Penelitian ini adalah kualitatif, karena dilakukan pada kondisi yang alamiyah. Objek penelitian berkembang apa adanya sesuai dengan realitasnya, tidak dimanipulasi dan kehadiran peneliti tidak mempengaruhi objek penelitian. Adapun pendekatan yang digunakan adalah: pedagogis, manajemen, dan teologis normatif. Adapun yang menjadi sumber data adalah ketua Yayasan, kepala Madrasah Tsanawiyah DDI Cambalagi, wakil kepala madrasah urusan kurikulum, urusan kesiswaan, guru al-Qur’an-Hadis dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an-Hadis melalui metode konvensional di Madrasah Tsanawiyah DDI Cambalagi, hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an-Hadis belum semua terlaksana dengan baik, indikasinya adalah guru masih mendominasi proses pembelajaran, penggunaan sumber belajar belum optimal dan buku penunjang proses pembelajaran sangat kurang, 2) faktor-faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an-Hadis di Madrasah Tsanawiyah DDI Cambalagi adalah: adanya kegiatan ekstrakurikuler, tersedianya perpustakaan, guru yang memenuhi kualifikasi, dan tersedianya kelas multi media. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya berupa kemampuan dasar baca al-Qur’an peserta didik, rendahnya partisipasi orang tua, keterbatasan sumber belajar, kurangnya buku-buku penunjang, dan pembiayaan pendidikan, dan 3) Solusi terhadap hambatan pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an-Hadis: Pertama, membentuk kelompok-kelompok baca al-Qur’an di bawah bimbingan guru. Kedua, mengadakan pendekatan terhadap orang tua peserta didik. Ketiga, kepala madrasah menyediakan bahan sumber belajar, menambah daya listrik dan memotivasi guru. Keempat, melengkapi perpustakaan dengan skala prioritas. Kelima, dalam hal pembiayaan solusi yang ditawarkan adalah membangun kerjasama dengan masyarakat setempat dalam hal pembiayaan pengolahan tambak, bekerjasama dengan guru yang memiliki lahan tambak untuk mendukung program Pemerintah Daerah Maros dalam hal pengembangan rumput laut, mengoptimalkan unit-unit usaha madrasah, seperti kantin dan koperasi, serta memperkuat kerjasama dengan satuan pendidikan lainnya dalam lingkup Yayasan dengan sistem pengelolaan satu atap.
Implikasi penelitian ini adalah pembelajaran al-Qur’an-Hadis yang dikembangkan dalam suasana yang menyenangkan dan disampaikan dengan metode yang sesuai, dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan hasil yang optimal. Sebagai guru al-Qur’an-Hadis sedapat mungkin memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik melalui aktivitas sendiri pada situasi yang sebenarnya.
MUH. JAMIL - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...