Detail Cantuman Kembali
TESIS: Kompetensi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak mulia pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Cenrana
Tesis ini membahas tentang Kompetensi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak Mulia pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Cenrana Kab. Bone. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan kondisi objektif kompetensi guru PAI di SMP Negeri 2 Cenrana Kab. Bone, untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses penanaman nilai-nilai akhlak mulia dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Cenrana Kab. Bone, untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia di SMP Negeri 2 Cenrana Kab. Bone.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, peneliti menggunakan metode pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, wakil kepala sekolah, perwakilan peserta didik, dan informan lain yang dianggap perlu dalam penelitian ini, data tersebut penulis analisis deskriptif kualitatif.
Setelah mengadakan analisis terhadap data yang diperoleh di lapangan, hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI pada SMP Negeri 2 Cenrana memiliki kompetensi yaitu, pedagogik, sosial, kepribadian, profesionalisme, dalam menjalankan proses pembelajaran guru PAI tersebut, sebelum melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu menyusun rencana pembelajaran mengevaluasi. Namun demikiam guru PAI ini belum melaksanakan pembelajaran secara maksimal, di antaranya guru masih menggunakan metode ceramah, guru PAI masih mendominasi pembelajaran belum memberikan peluang banyak kepada peserta didik untuk mengidentifikasi dirinya. Penanaman nilai-nilai akhlak yang dilakukan guru PAI, melakukan pembelajaran al-Qur’an, pesantren kilat, dan bakti sosial. Faktor pendukung dan penghambat yaitu guru, kurikulum, peran serta orang tua, lingkungan masyarakat, dan arus globalisasi modern. Solusi adanya kerjasama orang tua dengan guru dalam menanamkan niali-nilai akhlak mulia baik di sekolah maupun keluarga dan mengantisipasi pergaulan dalam kahidupan masyarakat.
Implikasi dalam penelitian ini adalah: 1) untuk lebih meningkatkan kompetensi dan metode dalam melakukan pembelajaran, maka para guru SMP Negeri 2 Cenrana umumnya dan guru PAI khususnya, begitu pula dengan pemerintah agar lebih memperhatikan sekolah tersebut sangat memprihatinkan apalagi cuma dua guru PAI yang menghadapi peserta didik yang banyak. 2) upaya yang telah dilakukan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia pada pesrta didik yang dianggap efektif layak untuk senantiasa dipertahankan dan dikembangkan. 3) kendala yang dihadapi dalam upaya penanaman nilai-nilai akhlak mulia pada peserta didik harus senantiasa diminimalisir dengan selalu mengevaluasi, maningkatkan fasilitas pembelajaran, menjalin kerjasama dan komsumsi yang aktif antara guru, pemerintah dan masyarakat setempat.
Misbahuddin Amin - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...