Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PENERAPAN STRATEGI HEURISTIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs. AL-KHAIRAT SANDANA KECAMATAN GALANG KABUPATEN TOLITOLI


Tesis ini membahas tentang penerapan strategi heuritis terhadap pembelajran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Khairat Sandana Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses penerapan strategi heuristis dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi heuristis dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 3) Mengetahui hasil penerapan strategi heuristis dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Al-Khairat Sandana.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini dalam membahas permasalahan, melakukan pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam, kepala Madrasah, wakil kepala Madrasah, kepala tata usaha, perwakilan peserta didik, dan beberapa informan lain yang dianggap layak dan relevan dengan penelitian ini. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, teologis normatif, historis yuridis, dan cultural.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan strategi heuristis setelah di crosscheck, penerapannya dalam pembelajaran belum berjalan maksimal. Sedangkan sumber belajar yang tersedia tergolong belum memadai dan pemanfaatannya belum efektif karena alat pendukung dan keterbatasan kemampuan guru dalam mengoperasikan sumber belajar, 2) MTs. Al-Khairat Sandana memiliki aset yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan strategi guru dan penggunaan sumber belajar Sejarah Kebudayaan Islam, yaitu: faktor kesempatan belajar dan faktor media belajar namun disisi lain memiliki faktor penghambat, a) penerapan strategi heuristis, b) keterbatasan sumber belajar, c)) kondisi buku-buku di perpustakaan kurang relevan, d) keterbatasan kemampuan guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam dalam memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis teknologi, 3) pada dasarnya pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam belum berjalan dengan baik, dan ada beberapa hal yang seharusnya menjadi perhatian, yaitu: a) dalam kegiatan pra pembelajaran guru tidak melakukan pretest terhadap materi yang akan diajarkan, b) dalam kegiatan inti pembalajaran belum berjalan dengan baik dan belum maksimal, c) kegiatan penutup dalam pembelajaran guru tidak melakukan penilaian terhadap pelaksanaan yang telah dilakukan.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) diharapkan kepada guru Sejarah Kebudayaan Islam untuk melaksanakan dengan baik desain pembelajaran yang telah dirancang, 2) hendaknya guru mengarahkan pembelajaran ke pengembangan potensi peserta didik, 3) guru diharapkan untuk terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan berbasis teknologi.


AHMAD TAHIR - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...