Detail Cantuman Kembali
TESIS: Pelaksanaan Program Kelompok Kerja Madrasah (KKM) dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses pelaksanaan program kegiatan KKM di Kecamatan Polewali; 2) Untuk mengetahui dan merumuskan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program kegiatan KKM dalam peningkatan profesionalisme guru madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Polewali Kabupaten Polman, 3) untuk mengetahui hasil proses pelaksanaan program kelompok kerja madrasah dalam peningkatkan profesionalisme guru madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Polewali.
Metodologi penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Yang difokuskan terhadap KKM di Kecamatan Polewali dengan menganalisis data hasil studi pendahuluan, atau data Primer dan sekunder yang digunakan untuk menentukan fokus penelitian. Analisis data kualitatif adalah bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan menjadi rumusan masalah. Kemudian mereduksi data yaitu merangkum, memilih hal-hal yang pokok, (data reduction). Penyajian data dilakukan dalam bentuk uraian singkat yang bersifat naratif, bagan, hubungan antara kategori, plowchart, dan sejenisnya, (data display). Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Triangulasi teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagi teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Peneliti dalam hal ini sebagai saksi kunci di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kegiatan KKM Kecamatan Polewali yang dilaksnakan berupa pelatihan, bimbingan dan workshop tentang pengelolaan perangkat pembelajaran adalah, guru sudah mampu memahami kurikulum KTSP, menganalisis SK dan KD, menyusun silabus, menyusun RPP, menyusun program tahunan, serta menyusun program semester, karena juga disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: Internal guru, yang memiliki motivasi tinggi untuk selalu ingin belajar, dan faktor eksternal berupa, peran pengawas Pendais Kantor Kementrian Agama Kabupaten Polman yang aktif turun kelapangan untuk melaksanakan supervisi dan pembinaan terhadap guru-guru MI. Peran Kepala Madrasah, yang selalu memberikan motivasi kepada guru MI di Wilayah kerjanya. Peran teman sejawat, yang saling membantu satu sama lain, serta saling memberikan informasi yang berhubungan dengan pengembangan pendidikan terutama guru MI. Pemerintah setempat, yakni pemerintah daerah Kabupaten Polman.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program pelaksanaan KKM berupa, penyusunan perangkat pembelajaran yang dilakukan dengan cara melaksanakan bimbingan, pelatihan dan workshop. Faktor pendukung adalah motivasi guru yang tinggi, aktifnya supervisi pengawas, peran kepala sekolah dan teman sejawat, faktor penghambat minimnya pemahamn guru terhadap pembuatan administrasi, masih banyak guru yang mengajar tidak memenuhi kulifikasi, sarana pendukung KKM belum maksimal. Implikasi penelitian ini berupa saran-saran kepada pihak terkait yang perlu ditindak lanjuti yakni: 1) Pengurus KKM Kecamatan Polewali, agar lebih mengintensifkan jadwal pertemuan jangan hanya satu kali dalam satu tahun, 2) Penguru KKM dan pihak terkait sebaiknya memiliki gedung yang memadai, OHP. LCD proyektor dan komputer sebagai pendukung pelaksanaan program KKM. 3) Sebaiknya pihak kementrian agama Kabupaten Polman sebagai lembaga yang mendirikan KKM Kecamatan Polewali melalui SK, lebih memberdayakan organisasi profesi guru KKM dalam melaksnakan programnya.
ABD. RAHMAN M. - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...