Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Hubungan antara Peneraspan Manajemen Kelas dan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa


Penelitian jenis kuantitatif ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu: 1) bagaimana penerapan manajemen kelas di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, 2) bagaimana keterampilan mengajar guru di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, 3) bagaimana hasil belajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, 4) apakah penerapan manajemen kelas berhubungan positif yang signifikan dengan hasilbelajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, 5) apakah keterampilan mengajar guru berhubungan positif yang signifikan dengan hasil belajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, 6) apakah penerapan manajemen kelas berhubungan positif yang signifikan dengan keterampilan mengajar guru di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, dan 7) apakah ada hubungan positif yang signifikan antara penerapan manajemen kelas secara bersama-sama dengan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.
Penelitian ini menggunakan angket, dan format dokumentasi sebagai instrumen penelitian pada populasi yang berjumlah 284 orang peserta didik yang disampel dengan teknik proportionate stratifield random sampling yang ditetapkan sebesar 37 orang peserta didik, sehingga diperoleh data yang diolah dan dianalisis dengan teknik statistik, baik statistik deskriptif maupun statistik inferensial.
Melalui analisis data, diperoleh kesimpulan, bahwa 1) penerapan manajemen kelas di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa berkategori tinggi sebesar 79,23%, 2) keterampilan mengajar guru di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa berkategori tinggi sebesar 80%, 3) hasil belajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa berkategori baik dengan skor rerata sebesar 3.4, 4) penerapan manajemen kelas berhubungan sedang sebesar 0.433 dan signifikan sebesar 2.842 dengan hasil belajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, 5) keterampilan mengajar guru berhubungan rendah sebesar 0.348 dan signifikan sebesar 2.196 dengan hasil belajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, 6) penerapan manajemen kelas berhubungan rendah sebesar 0.338 dan signifikan sebesar 2.125 dengan keterampilan mengajar guru di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, 7) penerapan manajemen kelas secara bersama-sama dengan keterampilan mengajar guru berhubungan sangat tinggi sebesar 0.824 dan signifikan sebesar 5.236 terhadap hasil belajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.
Implikasi penelitian adalah 1) Manajemen kelas menurut teori yang dikaji pada dasarnya dapat diterapkan di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, karena hasilnya berkategori tinggi, 2) Keterampilan mengajar guru menurut teori yang dikaji pada dasarnya dapat diterapkan di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa, karena hasilnya berkategori tinggi, 3) Hasil belajar sebagaimana yang dicapai oleh peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa sekurang-kurangnya dapat dipertahankan, karena berkategori amat baik, 4) Hasil belajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa dapat ditingkatkan melalui penerapan manajemen kelas menurut teori yang sudah ada, karena hasilnya berhubungan positif dan signifikan, 5) Hasil belajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa dapat ditingkatkan melalui keterampilan mengajar guru menurut teori yang sudah ada, karena hasilnya berhubungan positif dan signifikan, 6) Keterampilan mengajar guru dapat aplikasikan melalui penerapan manajemen kelas di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa sesuai teori yang sudah ada, karena hasilnya berhubungan positif dan signifikan, 7) Hasil belajar peserta didik di MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa dapat ditingkatkan melalui penerapan manajemen kelas secara bersama-sama dengan keterampilan mengajar guru menurut teori yang sudah ada, karena hasilnya berhubungan positif dan signifikan.

Andi Kurniati - Personal Name
NONE
Text
2017
LOADING LIST...
LOADING LIST...