Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MAHASISWA STAIN PAREPARE


Disertasi ini membahas tentang pengaruh penerapan pendidikan karakter terhadap pembentukan kepribadian mahasiswa STAIN Parepare. Permasalahan pokok yang dibahas adalah bagaimana pengaruh penerapan pendidikan karakter terhadap pembentukan kepribadian mahasiswa STAIN Parepare, dengan subpokok permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui program Pusat PASIH (Pengembangan Sumber Daya Insani yang Handal) di STAIN Parepare, 2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui integrasi dalam proses perkuliahan di STAIN Parepare, 3) Bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui penegakan kode etik mahasiswa di STAIN Parepare, 4) Bagaimana gambaran kepribadian mahasiswa STAIN Parepare, 5) Apakah penerapan pendidikan karakter melalui program Pusat PASIH, integrasi dalam proses perkuliahan, dan penegakan kode etik mahasiswa secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pembentukan kepribadian mahasiswa STAIN Parepare. Penelitian ini adalah f i e l d r e s e a r c h yang bersifat kuantitatif, pendekatan keilmuan yang digunakan adalah: psychopedagogis dan teologis-normatif dan pendekatan metodologis adalah: positivistik. Populasi penelitian ini sebanyak 2.310 mahasiswa, sampel sebanyak 294 mahasiswa. Penentuan sampel menggunakan random sampling rumusan Isaac & Michael. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode: angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data: angket, lembar observasi, dan daftar dokumen. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji regresi liner berganda tiga prediktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter di STAIN Parepare telah terintegrasi dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan baik kegiatan akademik maupun kegiatan ektrakurikuler, antara lain program yang dilaksanakan Pusat PASIH, integrasi dalam proses perkuliahan, dan Penegakan Kode Etik mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 31.06 + 0.005X1 + 0.150X2 + 0.390X3, dan F = 10.81. Karena hasil yang diperoleh Fhitung (10.81) lebih besar dibanding Ftabel (2.65), maka kofisien korelasi yang diuji adalah signifikan pada α = 0.05 sehingga dapat diberlakukan ke populasi. Demikian pula hasil uji korelasi secara simultan variabel X memberi pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, karena rhitung = 0.317 lebih besar dari rtabel = 0.113 pada taraf signifikansi α = 0.05. Dengan demikian, kegiatan yang dilakukan secara berkesinambungan ini memberi pengaruh terhadap pembentukan kepribadian mahasiswa. Implikasi penelitian ini terhadap pelaksanaan pendidikan karakter pada perguruan tinggi bahwa 1) Penerapan Pendidikan Karakter di perguruan tinggi dapat dilakukan melalui pembentukan lembaga yangpembinaan kepribadian, 2) Penerapan pendidikan karakter yang dapat dilakukan seorang dosen melalui integrasi dalam proses perkuliahan, 3) Dalam mengintervensi pelaksanaan pendidikan karakter pada perguruan tinggi ditetapkan peraturan dapat berupa kode etik mahasiswa sebagai panduan mahasiswa dalam melakukan aktivitas baik di kampus maupun diluar kampus
Muhammad Saleh - Personal Name
DISERTASI
DISERTASI
Text
Indonesia
pascasarjana
2015
uinam-samata
LOADING LIST...
LOADING LIST...