Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: Rekonstruksi pendidikan Islam anak di kota gorontalo
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana
kondisi pendidikan Islam di Kota Gorontalo dari beberapa aspek yang kemudian
diberikan gambaran tentang hal-hal yang harus di kembangkan sebagai bentuk
membangun kembali semangat dan identitas pendidikan Islam di Kota Gorontalo.
Permasalahan terfokus pada tiga hal yaitu pertama; Bagaimana implementasi
yuridis tentang hak anak dalam memperoleh pendidikan di Kota Gorontalo?,
kedua; Bagaimana perkembangan pendidikan anak di Kota Gorontalo dalam
tinjauan aspek sosial masyarakatnya?, ketiga; Bagaimana gagasan-gagasan baru
dalam membangun dunia pendidikan anak di Kota Gorontalo.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yakni mendeskripsikan hasil
penelitian secara verbal, tanpa menggunakan prosedur statistik. Sedangkan
pendekatan penelitian adalah pendekatan teologis normatif, pedagogis, psikologis,
sosio-kultural dan kearifan lokal. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber
data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu data yang
diperoleh langsung dari informan, sedangkan sumber data sekunder, yaitu data yang
diambil dari berbagai dokumen yang relevan dengan penelitian. Teknik
pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya
menganalisisnya berdasarkan pengorganisasian data, reduksi data dan penafsiran
data.
Hasil penelitian diperoleh bahwa di Kota Gorontalo secara umum pendidikan
Islam telah berjalan dengan baik dan terdapat beberapa aspek yang perlu di bangun
kembali yang secara inplisit di lihat dari aspek: pertama; pendidikan Islam mendapat
dukungan penuh dari pemerintah Kota Gorontalo yang didukung oleh yuridis formal
dan kebijakan, sehingga berbagai aktivitas keagamaan masyarakat meningkat dan
berkembang. Kedua; dari aspek sosial masyarakat terdapat perbaikan dan perubahan
paradigma masyarakat bahwa pendidikan Islam menjadi sangat penting dalamxix
membangun keluarga dan masyarakat, sehingga ghirah Islam di masyarakat tumbuh
dengan baik. Ketiga; dalam membangun kembali pendidikan Islam yang lebih baik
di Kota Gorontalo dapat dikembangkan dengan melakukan inovasi pada aspek aspek
seperti pendidikan formal dengan meningkatkan dan mendorong pendidikan baik
sekolah umum maupun madrasah untuk memajukan pendikan agama; pendidikan
non formal memberi akses seluas luasnya bagi masyarakat untuk menggiatkan
kegiatan agama yang didukung oleh perbaikan mutu dan kesejahteraan para dai dan
ustad; untuk pendidikan informal dengan didukung perda baca tulis al-Qur’an serta
program Gemar Mengaji menjadikan nuansa dan suasana keluarga Islami menjadi
lebih baik; dari aspek budaya dan tradisi masyarakat Kota Gorontalo menjadikan
masyarakat lebih menyadari bahwa budaya dan tradisi merupakan salah satu metode
dan pendekatan untuk pembentukan nilai-nilai Islami di masyarakat.
Penelitian ini memberi implikasi pencerahan bagi masyarakat untuk lebih
meningkatkan kualitas pendidikan Islam pada anak, dan bagi pemerintah dapat
memperkuat regulasi di bidang keagamaan sehingga kebijakan-kebijakan yang
ditempuh oleh pemerintah Kota Gorontalo di bidang keagamaan akan langsung
sejalan dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat.
Syafrudin Baderung - Personal Name
Disertasi 2x7.3
Disertasi 2x7.3
Text
Indonesia
pascasarjana
2016
uinam-samata
LOADING LIST...
LOADING LIST...