Detail Cantuman Kembali
TESIS: IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM BACA TULIS DAN HAFAL AL-QUR’AN (BTHQ) DI SDIT WAHDAH ISLAMIYAH 01 MAKASSAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen
kurikulum Baca Tulis dan Hafal al-Qur’an (BTHQ) di SDIT Wahdah Islamiyah
01 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; a) Bagaimana
perencanaan kurikulum BTHQ di SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar?; b)
Bagaimana pengorganisasian kurikulum BTHQ di SDIT Wahdah Islamiyah 01
Makassar?; c) Bagaimana pelaksanaan kurikulum BTHQ di SDIT Wahdah
Islamiyah 01 Makassar?; dan d) Bagaimana evaluasi kurikulum BTHQ di SDIT
Wahdah Islamiyah 01 Makassar?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menjadikan SDIT
Wahdah Islamiyah 01 Makassar sebagai lokasi penelitian. Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam
penelitan ini adalah Kepala Sekolah, Bagian Akademik mewakili Wakasek
Kurikulum, Tim Penjamin Mutu (PM) BTHQ, dan tiga perwakilan guru BTHQ.
Observasi dilakukan dengan mengamati kondisi sekolah, kegiatan sekolah,
kegiatan pembelajaran BTHQ, dan kegiatan peserta didik yang menunjang
pengelolaan kurikulum dengan efektif dan efisien. Dokumentasi tentang profil
sekolah, visi misi dan tujuan sekolah, budaya sekolah, arsip penyusunan
kurikulum BTHQ, perangkat pembelajaran BTHQ; dan lain-lain. Teknik
pengolahan dan analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data,
dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a) SDIT Wahdah Islamiyah 01
Makassar telah melakukan perencanaan kurikulum BTHQ dengan menetapkan
kalender pendidikan sekolah, menyusun SILABUS BTHQ, PROTA BTHQ,
PROSEM BTHQ, menetapkan KKM BTHQ, dan membuat RPP BTHQ; b) SDIT
Wahdah Islamiyah 01 Makassar melakukan pengorganisasian kurikulum BTHQ
dengan memperhatikan ruang lingkup dan urutan bahan pelajaran BTHQ,
kontinuitas kurikulum BTHQ, keseimbangan bahan atau materi pelajaran BTHQ,
dan durasi waktu yang dibutuhkan dalam pembelajaran BTHQ; c) SDIT Wahdah
Islamiyah 01 Makassar telah melaksanakan kurikulum BTHQ dengan baik. Dalam
PBM BTHQ, guru menjadikan RPP sebagai panduan. RPP dengan konsep 5 P,
pembelajaran menjadi mudah, menyentuh, dan menyenangkan; dan d) Evaluasi
kurikulum BTHQ di SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar dilakukan secara
berkala. Guru di supervisi oleh kepala sekolah bersama Tim Kurikulum dan Tim
PM BTHQ, evaluasi tingkat KKG BTHQ dan TIM PM BTHQ. Evaluasi peserta didik bersifat harian, tengah dan akhir semester, serta ujian kenaikan level yang
dijadwalkan setiap bulannya. Terakhir, ujian munaqasyah bagi peserta didik yang
memenuhi persyaratan.
Implikasi dari penelitian ini adalah agar ada pengembangan manajemen
kurikulum BTHQ dengan melakukan adaptasi terhadap kebutuhan sekolah dan
peserta didik, termasuk juga seluruh aspirasi dan masukan dari semua pihak.
Kata Kunci: Manajemen, Implementasi, BTHQ, Kurikulum
Nasaruddin - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Manajemen Pendidikan Islam
2023
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...