Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN SINJAI
Kepuasan kerja guru merupakan persepsi atau penilaian guru terhadap
kesesuaian antara harapan dengan pekerjaan yang dilakukannya. Namun,
ketidakpuasan kerja guru dapat dirasakan karena berbagai faktor, seperti
kepemimpinan kepala madrasah, lingkungan kerja, dan pemberian kompensasi.
Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan realitas
kepemimpinan kepala madrasah; 2) mendeskripsikan realitas lingkungan kerja; 3)
mendeskripsikan realitas pemberian kompensasi; 4) mendeskripsikan realitas
kepuasan kerja guru; 5) menguji pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap
kepuasan kerja guru; 6) menguji pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja
guru; 7) menguji pengaruh pemberian kompensasi terhadap kepuasan kerja guru; dan
8) menguji pengaruh kepemimpinan kepala madrasah, lingkungan kerja, dan
pemberian kompensasi secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru pada
Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Sinjai.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode
ex post facto. Pendekatan keilmuan yang digunakan adalah pendekatan manajemen
dan psikologis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang berjumlah 123
orang pada MAN 1 dan MAN 2 Sinjai. Teknik penentuan sampel menggunakan
nonprobability sampling melalui sampel jenuh dengan pertimbangan untuk membuat
generalisasi sehingga jumlah responden sebanyak 123 orang guru. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah angket yang disebarkan kepada responden
penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
kuantitatif deskriptif dan pengujian hipotesis melalui regresi linear sederhana dan
regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS.
Hasil penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Sinjai
menunjukkan bahwa: 1) realitas kepemimpinan kepala madrasah berada pada
kategori sedang; 2) realitas lingkungan kerja berada pada kategori sedang; 3) realitas
pemberian kompensasi berada pada kategori sedang; 4) realitas kepuasan kerja guru
berada pada kategori sedang; 5) kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh
terhadap kepuasan kerja guru sebesar 22,8%; 6) lingkungan kerja berpengaruh
terhadap kepuasan kerja guru pada sebesar 61,1%; 7) pemberian kompensasi
berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru sebesar 40,7%; dan 8) kepemimpinan kepala madrasah, lingkungan kerja, dan pemberian kompensasi secara bersama-sama
berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di
Kabupaten Sinjai sebesar 63,7%.
Penelitian ini dapat berimplikasi kepada pengelola lembaga pendidikan akan
pentingnya memerhatikan kepuasan kerja guru melalui penerapan kepemimpinan
yang efektif, penciptaan lingkungan kerja yang kondusif, serta pemberian
kompensasi yang memadai. Lembaga pendidikan, khususnya madrasah jika
memerhatikan kepuasan kerja gurunya, kinerja yang dihasilkan akan meningkat
karena guru yang merasakan kepuasan kerja akan semakin termotivasi dan
bersemangat untuk melaksanakan tugasnya yang mengarah pada pencapaian kinerja
secara optimal
H. SYAMSUDDIN - Personal Name
370
370
Text
PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
2023
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...