Detail Cantuman Kembali
TESIS: PEMBENTUKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH DDI CAMBALAGI KABUPATEN MAROS
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui pembentukan sikap
moderasi beragama peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak di Madrasah
Aliyah DDI Cambalagi Kabupaten Maros : Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui rancangan materi pembelajaran akidah akhlak terkait moderasi
beragama di Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Kabupaten Maros. 2. analisis
penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran akidah akhlak di
Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Kabupaten Maros. 3. Mengetahui dampak
pembentukan sikap moderasi beragama dalam pembelajaran akidah akhlak di
Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Kabupaten Maros.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini di
peroleh dari sekolah Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Kabupaten Maros. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
penelitian bersumber dari guru akidah akhlak dan beberapa dari siswa di Madrasah
Aliyah DDI Cambalagi Kabupaten Maros sedangkan data sekunder diperoleh dari
literatur atau buku rujukan dan dokumen sebagai data pendukung. Instrumen
penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen yang kemudian mengembangkan
instrumen baru yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi.
Ketiganya digunakan untuk mengumpulkan data di lapangan. Data yang dikumpulkan
selanjutnya diolah melalui tiga tahap yakni reduksi data (data reduction), paparan
data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion
drawing/verifying).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Rancangan Materi Pembelajaran
akidah akhlak terkait moderasi beragama di Madrasah Aliyah DDI Cambalagi pada
dasarnya menjadi instrumen pembelajaran dalam pembentukan sikap dan perilaku
moderasi beragama. Muatan ajaran tentang toleransi, multikultural, dan perbedaan
Paham dalam konteks keagamaan menjadi instrumen penting dalam konten
Pendidikan agama Islam khusunya pada materi pembelajaran akidah akhlak. Secara
ideal, begitu pula pembelajaran akidah akhlak berhubungan erat dengan internalisasi
moderasi beragama ini bahkan dalam materi akidah akhlak terdapat materi mengenai
moderasi beragama yakni pada kelas X terdapat Islam Wasatiyah dan radikalisme
pada kelas XI terdapat materi menghindari dosa besar, dan pada kelas XII terdapat
materi tentang kunci kerukunan dengan materi toleransi, persamaan, moderat, dan
saling bersaudara.
Penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran akidah akhlak
dengan berbagai cara yaitu. Sikap toleransi dilakukan dengan cara pembagian
kelompok kerja bertujuan untuk mengarahkan peserta didik untuk saling peduli.
Proses penanaman nilai-nilai anti kekerasan guru Akidah Akhlak menjadikan dirinya sendiri sebagai teladan bagi peserta didik dan mengenalkan paham nilai menerima
tradisi beragama. Dampak Pembentukan Sikap Moderasi Beragama dalam
Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Kabupaten
Maros, yakni peserta didik dapat memahami identitas bangsa Indonesia, mencintai
bangsanya, bentuk rasa cinta mereka kepada bangsanya itu, misalnya mengikuti
upacara bendera pada hari senin, memakai produk lokal, dan mempelajari budaya
serta sejarah Indonesia, serta peserta didik dapat memahami tentang bagaiamana
menghindari dari berbagai perpecahan, dan Menjalin Persahabatan juga serta
merangkul perbedaan.
Penanaman nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah Aliyah DDI
Cambalagi Kabupaten Maros perlu dilakukan evaluasi terkait kegiatan pengajian
rutin agar kedepannya dapat terlaksana dengan baik dan lebih efektif dalam
memberikan pemahaman dan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama.
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Pembelajaran Akidah Akhlak
SAIYED MAHMUDDIN ASSAQQAF - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2023
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...